Sabtu, 24 November 2012

CARA MERAKIT ATAU MEMASANG LNB (LOW NOISE BLOCK) PADA PAYUNG PARABOLA

Merakit LNB (C Band) pada tiang fokus parabola memang merupakan hal yang gampang. 
Namun, juga merupakan hal yang sangat sulit bagi kita yang masih pemula (Niassat juga masih pemula koq). Dalam hal perakitan /pemasangan LNB pada piringannya juga perlu memperhatikan jarak antar LNB yang hendak dipasang, selain itu, perlu juga diperhatikan ukuran payung parabolanya. Hal ini sangat berefek penting dalam pencarian kualitas signal dalam tindakan penyetelan selanjutnya.
Sebelum kita masuk ke ukuran jaraknya, kita sebaiknya juga mengenal ketentuan arah LNB-nya. Arah LNB yang akan dipasang, selalu mengarah ke timur dan barat. Cara mengetahui apakah LNB yang akan dipasang ke piringannya itu akan 'pas' atau 'tidak', silakan perhatikan baik-baik LNB yang anda gunakan. Di bagian permukaan atas LNB terdapat tulisan dengan ANGKA NOL [0]. Setiap LNB akan terdapat Angka Nol dimaksud. Bila memasang LNB pada piringannya masing-masing, angka nol itu harus sejajar atau juga garis Horizontalnya harus sejajar. Bila tidak sejajar, maka tindakan Anda akan menyusahkan Anda sendiri. Nah, cara lain yang sering Niassat lakukan untuk memastikan kesejajaran antar LNB yang dipasang, adalah dengan membuka tutup bagian bawah LNB. Di dalamnya, terdapat element seperti pipa kecil yang berposisi lurus melintang. Pipa kecil [ sorry, ga tau apa namanya, sebut aja deh pipa,hihi..] itu mengarah pada posisi nol seperti yang terdapat di permukaan atas bagian Luar LNB tersebut. Niassat menggunakan trik itu, karena satu alasan dari kami juga yaitu bahwa ada juga LNB yang titik nol-nya tidak sejajr dengan pipa kecil yang terdapat di dalam tabung LNB. Apabila anda menemukan model LNB dimaksud, maka anda tak perlu bingung. Silakan ikuti saja kelurusan pipa kecil tesebut di dalam tabung LNB. Ga usah pedulikan titik nol yang ada di permukaan atasnya.

Nah, sekarang untuk jarak antar LNB yang akan dipasang, contoh pemasangan yang dilakakukan adalah pada LNB yang berjumlah dua.
Untuk parabola yang berukuran 8 ,10 dan 12 feet, maka jarak LNB yang satu dengan yang satunya lagi adalah berkisar antara 3 , 4 dan 5cm
Untuk parabola yang berukuran 7 atau 6 feet, maka jarak LNB yang satu dengan yang satunya lagi adalah berkisar antara 1,15 sampai 2 cm atau 2,5-3 cm untuk yang 7 feet.


Dengan demikian, anda sudah bisa memsangkan LNB tersebut pada tiang focus. Tindakan selanjutnya adalah melakukan penyetelan atau pencarian signal. Sudah dapat semua siaran yang diinginkan? silakan berkunjung lagi ke Niassat Service disini dan tinggalkan komentar anda kepada kami. Apabila hal ini masih belum berhasil dengan anda, silakan menghubungi Niassat Service.
Semoga bermanfaat dan silakan bagikan pengalaman Anda juga kepada kami. Terima kasih!

Written By Criss Jp

  :

Tidak ada komentar: