Kamis, 07 Maret 2013

India Kirim Misi ke Mars

Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi
 
REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI — India rupanya tak ingin kalah dari seterunya, Cina, dalam berbagai hal, termasuk teknologi antariksa. Tahun ini India bakal meluncurkan misi antariksa ke Mars.

Presiden India Pranab Mukherjee mengatakan, sebagai negara terkemuka di Asia maka sudah sewajarnya India ikut dalam perlombaan global di bidang antariksa bersama dengan negara lain, seperti Amerika Serikat, Rusia, dan tetangganya, si raksasa Cina.
“Beberapa misi antariksa sudah direncanakan untuk 2013, termasuk misi India pertama menuju ke Mars dan juga peluncuran satelit navigasi kita yang pertama,” kata Mukherjee kepada parlemen India, pekan lalu.


India akan mengirim sebuah satelit pada Oktober mendatang menggunakan roket tak berawak ke orbit Mars. Roket itu direncanakan akan diluncurkan dari wilayah pesisir selatan India dengan biaya 83 juta dolar AS. Wahana antariksa yang diklaim dibuat di India itu membutuhkan waktu sembilan bulan untuk mencapai Mars dan kemudian akan mengorbit planet merah itu dalam jarak 500 kilometer.
“Misi ini sudah siap untuk dijalankan,” kata Deviprasad Karnik, seorang ilmuwan dari Organisasi Riset Antariksa India (ISRO), NASA-nya negara tersebut.

Namun, misi bombastis ini telah mengundang kritikan dari dalam negeri, mengingat masih banyak rakyat India berada dalam kemiskinan dan kekurangan pangan. Apalagi, tahun lalu India sempat mengalami pemadaman listrik paling parah serta kondisi ekonomi yang tumbuh melemah.
Bagaimanapun, program antariksa yang sudah dimulai sejak 1962 itu dianggap Pemerintah India sebagai sumber pengembangan teknologi yang aplikatif.
Reporter : Rahmad Budi Harto
Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sumber : Reuters

Tidak ada komentar: