Minggu, 10 Juli 2011

Mobil Terbang Siap Dikomersilkan

Ahmad Taufiqurrakhman - Okezone
Terrafugia Transition
Terrafugia Transition
MASSACHUSETTS - Mobil sekaligus pesawat terbang dari Terrafugia yang bernama Transition, telah mendapat persetujuan dari pihak National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Amerika Serikat. Hal tersebut memudahkan Terrafugia untuk menjualnya ke masyarakat tahun depan.

Seperti yang dikutip dari Physorg, Jumat (8/7/2011), tahun lalu Terrafugia Transition juga sudah mendapat persetujuan untuk terbang sebagai 'pesawat terbang olah raga' dari Federal Aviation Administration, namun waktu itu Terrafugia tidak gampang mendapatkannya karena masih kekurangan syarat bobot.

Karena Terrafugia Transition mampu terbang dan berjalan di darat, membuatnya harus memnuhi standarisasi penerbangan dan perjalanan darat. Transition memiliki ruang untuk seorang pilot dan satu penumpang. Selain itu, Transition juga memiliki kantung udara pengaman.

Terrafugia, perusahaan yang berbasis di Woburn, Massachusetts, sudah cukup lama menunggu persetujuan NHTSA dan FAA untuk Transition. Demi persetujuan tersebut Terrafugia berusaha melengkapi Transition dengan beberapa kelengkapan macam, jendela Plexiglas untuk pesawat terbang dan ban yang digunakan untuk berjalan di darat, serta aman untuk pendaratan penerbangan.

Meskipun tidak dijelaskan secara rinci sasaran pasarnya, namun jelas kendaraan ini ditujukan pagi konsumen kelas atas mengingat harga yang dipatok cukup tinggi.

Pihak Terafugia saat ini sudah siap untuk memasuki tahap produksi dari Transition. Harga yang dipatok untuk sementara adalah USD250 ribu. Sementara biaya untuk pre-order adalah sebesar USD10 ribu.
(ATA)

Tidak ada komentar: