Sabtu, 17 Maret 2012

Hubungan Migrain dan Rendahnya Gairah Seks

BAGI Anda perempuan yang sering mengalami keluhan migrain, ada baiknya untuk tidak menyepelekan hal yang satu ini. Sebuah penelitian berkesimpulan, perempuan dengan keluhan migrain memiliki kecenderungan dengan rendahnya gairah seks.


Penelitian yang dilakukan di University of Pavia, Italia, melibatkan 100 perempuan, dengan usia rata-rata 40 tahun dan sedang menjalani perawatan sakit kepala bertahun-tahun akibat keluhan sakit kepala seperti migrain lebih dari 15 hari per bulan.

Melalui tes neurologi, pengumpulan data sejarah medis, dan kuesioner mengenai kehidupan seksual, ditemukan 91 persen partisipan mengalami masalah seksual. Sekitar 20 persen perempuan masuk dalam kategori masalah libido rendah, yang bisa menyebabkan tekanan dalam diri. Sementara yang lainnya mengalami masalah rendahnya libido tanpa menimbulkan tekanan.

Seperti yang dipublikasikan dalam Journal Sexual Medicine, bagi para peneliti sakit kepala sering kali menyebabkan masalah mood, seperti depresi dan kegugupan, dan pada akhirnya bisa menghambat gairah seksual dan kepuasan terutama pada perempuan. (*/OL-06)

Tidak ada komentar: